Rabu, 27 September 2017

Supra gtr atau Mx King?

Jupiter MX King memang merupakan motor yang memiliki gaya racy, terbukti Yamaha mengeluarkan varian Livery Yamaha Movistar MotoGP dengan warna biru dominan. Sementara untuk Supra GTR 150 menunjukkan aura Touring, seperti namanya sendiri GTR yang bisa diartikan “Grand Touring”, dibuktikan diameter Shockbraker depan dibuat besar 32 mm, mengambil basis nakedbike CB150R bukan Sonic 150R, dan yang semakin mengindikasikan Supra GTR adalah untuk motor touring bukan gaya motor balap adalah Honda tidak menghadirkan varian Livery MotoGP seperti Sonic atau CBR150R.
Kalau di Vietnam, Yamaha Jupiter MX King itu namanya Exciter masdab, peluncuranya dulu lebih dahuluan di sana baru kemudian di Indonesia, nah sementara kalau Supra GTR150 disana bernama Winner 150, rilisnya juga duluan sana daripada di tanah air, mungkin sekmen bebek super (kita menyebutnya) lebih menjadi primadona disana.
Honda Supra GTR 150
Honda Supra GTR150
Honda Supra GTR150
Motor ini diluncurkan pada 24 Mei 2016 lalu, jika dilihat tampilanya, motor ini memiliki design yang tajam dan mirip-mirip Supra 125, di sektor mesin Supra GTR menggunakan basis mesin All New CB150R, Sonic atau CBR150R namun dengan mapping yang berbeda. Mesin berkapasitas 149,16 cc, DOHC, Single Cylinder, Berpendingin Cairan dengan 6 Percepatan. Konstruksi mesin, dibagian piston menggunakan ukuran diameter 57,3 dan langkah 57,8 sehingga lebih dikatakan mendekati Square.
Supra GTR 150 menggunakan lampu jenis LED dibagian Headlamp saja, untuk yang lainya masih menggunakan jenis bohlam. Sementara untuk panel Speedometer menggunakan perpaduan Analog dan Digital. nah sekarang bagaimana kalau untuk MX King..
Yamaha Jupiter MX King
Yamaha Jupiter MX King
Yamaha Jupiter MX King Livery MotoGP
Motor ini diluncurkan setahun lalu lebih dulu tepatnya pada 12 Maret 2015, bicara soal tampilan untuk MX King ini memiliki ciri khas dari MX king 135 dulu namun seperti mendapat penyempurnaan design dengan dimensi yang lebih besar. Untuk mesin Yamaha Jupiter MX King memiliki kapasitas 149,7 cc, SOHC, Single Cylinder, Berpendingin Cairan dengan 5 percepatan. Konstruksi piston berdiameter 47,0 dengan langkah 58,7 sehingga motor ini lebih dikatakan Overstroke, lebih nampol di putaran bawah, terbukti power maksimalnya ada di 8,5 ribu RPM.
Jupiter MX King menggunakan lampu jenis LED pada bagian lampu senja dan lampu belakang (tail/stop lamp) untuk headlamp, sein dan lainya masih memakai jenis Bohlam. Speedometernya menggunakan perpaduan Digital dan Analog.

Supra GTR150 vs Jupiter MX King

Keterangan.
Supra GTR150
MX King
Identitas
Tanggal Rilis24 Mei 201612 Maret 2015
Dibuat diIndonesiaIndonesia
ManufacturePT Astra Honda MotorPT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Dimensi
P x L x T2.025 x 725 x 1.102 mm1.970 x 670 x 1.080 mm
Tinggi Jok780 mm780 mm
Jarak terendah ke tanah167 mm135 mm
Berat Kosong119 Kg (Kosong)116 Kg (Isi)
Kapasitas Tanki4,5 Liter4,2 Liter
Mesin
Kapasitas149,16 cc149,7 cc
Jumlah SilinderTunggalTunggal, 4-klep
Jumlah CamshalftDobel (DOHC)Single (SOHC)
Sistem Bahan BakarInjeksi (FI), PGM-FIInjeksi (FI)
Sistem PendinginCairanCairan
Sistem StarterKick dan Elektrik StarterKick dan Elektrik Starter
Sistem PelumasanBasahBasah
Daya Maksimum11,8 KW (15,82 HP) / 9000 rpm11,3 kW (15.15 HP) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,5 Nm (1,38 kgf.m) / 6500 rpm13,8 Nm / 7.000 rpm
Perbandingan Kompresi11,3 : 110,4 : 1
Diameter x Langkah57,3 x 57,8 mm47,0 mm x 58,7 mm
TransmisiManual, Constant meshManual, Constant mesh
Percepatan6-speed5-speed
Tipe KoplingMultiplateMultiplate
Rangka
TipeTwin Tube SteelBackbobe
Suspensi DepanTeleskopikTeleskopik
Suspensi BelakangLengan Ayun no-LinkLengan Ayun no-Link
Ukuran Ban Depan90/100 – 17 M/C Tubeless70/90-17M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang120/90 – 17 M/C Tubeless120/70-17M/C Tubeless
Tipe Rem DepanCakram HidrolikCakram Hidrolik
Tipe Rem BelakangCakram HidrolikCakram Hidrolik
Kelistrikan
BateraiMF battery, 12 V – 5,0 AhGTZ4V / YTZ4V
Tipe BusiNGK MR9C-9N / ND U27EPR-N9NGK-CR8E
sumber: https://www.blogotive.com/supra-gtr-150-vs-jupiter-mx-king-pilih-mana

 menurut pendapat saya dari segi desain motor ini memiliki aura masing masing, bagi pencinta tourin pasti memilih supra gtr karena motor ini sangat cocok untuk menjadi motor touring. kalau ingin melihat dari segi desain sport pasti orang orang memilih jupiter mx king.
   dari segi tenaga supra gtr memang lebih unggur di banding dengan mx king, karena supra gtr sudah menggunakan mesin dengan type doch. di banding dengan mx king yang masih menggunakan mesin bertype soch. dimana zaman sekarang banyak pabrikan motor menggunakan mesin bertype doch karena mesin doch memiliki performa yang lebih baik.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar